Berjuang Keras Menemukan Arah, EURUSD Menembus Ke Bawah 1,0900

Berjuang Keras Menemukan Arah, EURUSD Menembus Ke Bawah 1,0900

Diperbarui • 2023-07-03

Mengawali perdagangan minggu ini, EURUSD gagal mendapatkan momentum signifikan dan bertahan di atas level 1.0900 pada perdagangan Senin (03/07/2023). Mata uang bersama itu mendapat beberapa dukungan dari meningkatnya harapan kenaikan suku bunga sebesar 25 bps oleh Bank Sentral Eropa (ECB) pada bulan Juli, meski itu tidak cukup memberikan dukungan yang kuat bagi pasangan tersebut.

Laporan awal Eurostat menunjukkan Indeks Harga Konsumen Harmonisasi (HICP) tahunan Zona Euro melambat dari 6,1% menjadi 5,5% pada bulan Juni. Namun, HICP Inti bulanan naik sebesar 0,3% dan mencapai laju tahunan meningkat 5,4%, sehingga memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga oleh ECB dalam beberapa bulan mendatang.

Namun demikian, dolar AS yang menguat sedikit, didukung oleh sikap hawkish Federal Reserve (Fed, menahan sentimen bullish untuk pasangan EURUSD dan menghambat pasangan ini. Minggu lalu, Ketua Fed Jerome Powell mengulangi potensi kenaikan biaya pinjaman sebanyak 50 bps hingga akhir tahun ini. Indeks Harga PCE AS yang beragam pada hari Jumat juga mendukung kemungkinan kenaikan suku bunga sebesar 25 bps pada pertemuan FOMC bulan Juli.

Kekhawatiran hambatan ekonomi yang berasal dari kenaikan suku bunga yang cepat menuntut kehati-hatian pasar menjelang rilis makro ekonomi AS penting minggu ini, dimulai dengan data ISM Manufacturing PMI AS pada hari Senin, rilis risalah pertemuan FOMC pada Rabu yang menjadi fokus utama pasar, dan diikuti oleh data Non-Farm Payroll AS yang sangat diperhatikan. Rilis data ini akan memainkan peran penting dalam mempengaruhi dolar AS dan memberikan arah baru bagi pasangan EURUSD.

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSD 03072023.jpg

Sempat rebound di perdagangan sesi pagi di Asia, setelah membuka perdagangan pekan ini dengan penurunan, EURUSD kembali mencatat penurunan dari level atas intraday di level 1,0918 dan perbarui level terendah intraday 1,0888 dan masih berpotensi lanjutkan penurunannya. Tren penurunan EURUSD akan dikonfirmasi jika pasangan ini menembus ke bawah indikator Simple Moving Average 200 (SMA200), setelah menjauh indikator SMA50 dan semakin jauh dari SMA100.

Jika EURUSD menembus ke bawah indikator SMA200, potensi SELL dapat dipertimbangkan pada level 1,0874 dengan target profit pada level 1,0858 hingga level 1,0840 jika menembus ke bawah level 1,0850. Namun potensi koreksi dapat terjadi dengan peluang posisi Buy pada level 1,0904 yang berpotensi naik menuju level 1,0916 hingga level 1,0924.

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera