1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Fluktuasi Pasar: Tips Utama untuk Trading di Pasar yang Berfluktuasi
Diperbarui • 2023-12-22

Fluktuasi Pasar: Tips Utama untuk Trading di Pasar yang Berfluktuasi

1.png

Mitos - keacakan

Pernahkah Anda mengamati alam? Banyak hal, seperti pergerakan lebah, mungkin tampak terlihat seperti random. Namun, tidak ada yang random dalam alam. Merekat tampak random hanya karena Anda tidak mengetahui alasan yang mendorong lebah tersebut bergerak ke suatu arah. Biasanya, otak tidak mampu memahami suatu kejadian ketika terlalu banyak hal terjadi secara bersamaan – sama seperti pada pasar.

Saat Anda melihat grafik, terutama pada jangka waktu kecil – pergerakan harga terlihat random dan tidak dapat diprediksi. Namun demikian, ada alasan yang mendorong dolar, euro, poundsterling, dan mata uang atau komoditas lainnya bergerak ke arah mereka bergerak.

Masalahnya adalah grafik yang Anda lihat di terminal trading memberikan informasi dalam jumlah terbatas. Jika Anda mempelajari suatu pasangan mata uang secara menyeluruh, Anda perlu mengetahui beberapa hal:

  • Jumlah dan nilai trading pada waktu tertentu.
  • Bagaimana dinamika tersebut berubah seiringnya waktu.
  • Trader macam apa yang terlibat dalam trading, dan apa investasi mereka.
  • Intensitas trading pada setiap instrumen.

Jika Anda sudah mengetahuinya, Anda akan jauh lebih siap dalam memahami dan memprediksi ke mana arah harga akan bergerak karena Anda akan melihat impuls batinnya. Namun, MetaTrader tidak mengetahui hal tersebut. Apa yang harus dilakukan?

Realita – reaksi

Para trader yang terlibat dalam pasar sama seperti roda penggerak: jutaan roda penggerak yang berputar akan mendorong mekanisme pasar lebih jauh dan menggerakkan harga ke arah yang berbeda. Namun, ketika para trader bereaksi – mereka tidak semata mata secara random membeli atau menjual. Mereka melihat keterkaitan antara berbagai kejadian yang terjadi pada link terakhir yang berdampak pada – harga. Oleh karena itu, jika Anda melihat link kedua, Anda dapat menilai apa yang telah mendorong harga tersebut. Akan tetapi, jika Anda tidak bisa melihatnya – karena menggunakan MetaTrader – maka Anda perlu mundur satu langkah dan melihat kejadian yang terjadi sebelumnya lagi – pada link pertama. Beritanya.

Inilah yang terjadi: para trader bangun di seluruh dunia, minum kopi, membaca berita, dan, berdasarkan berita tersebut, melakukan trading baru dan menyesuaikan trading yang sudah ada. Akibatnya, yang seharusnya Anda lakukan adalah memantau berita, bukan memantau trader lain. Dengan ini, Anda akan melihat hubungan langsung antara peristiwa dunia (fundamental) dan dunia pasar (harga).

Jadi pertama tama, Anda harus memantau berita. Aturan praktisnya adalah: berita baik akan mendorong mata uang terkait ke atas, berita buruk akan membuat nilainya – turun.

Kedua, Anda menandai level teknisnya: angka-angka bulat dan tingkat resistensi dan support yang jelas sangat berarti dalam psikologi para trader – dan diluar sana ada jutaan trader. Jadi resistensi 1,0000 tidak akan menekan harga dengan sendirinya, tetapi jika harga mendorongnya beberapa kali dan berbalik, dampaknya akan menjadi signifikan di waktu yang akan datang, apalagi jika fundamentalnya telah mendukung untuk menorobosnya. Tidak harus angka bulat – level apapun dapat membuktikan resistensi atau support. Gunakan saja akal sehat: jika Anda melihat harga memantul dari level tertentu lebih dari satu kali, maka telah terjadi sesuatu di level itu. Tandai dan pertimbangkan.

Ketiga, tren. Fundamental adalah fundamental karena mereka bertindak secara fundamental, bukan sesaat. Sentimen pasar dapat berubah, tetapi tidak akan lebih dari osilasi di sekitar tren tertentu. Tren-tren tersebut terbentuk akibat tindakan bank sentral dan pemerintah. Bukan hanya emosi yang mempengaruhi pasar ketika mendengar bahwa suku bunga dinaikkan atau diturunkan di beberapa negara. Namun proses-proses objektif seperti penurunan atau peningkatan jumlah uang beredar, aktivitas pembelian, tabungan, kredit – semuanya yang membentuk suatu perekonomian.

Korporasi, bank, dan otoritas negara mengatur hal-hal fundamental tersebut. Pada gilirannya, mereka mendikte permintaan dan penawaran mata uang. Inilah yang membentuk tren. Aturan inersia: pasangan mata uang akan melanjutkan tren besar selama pengaturan fundamental yang memerintahkan tren tersebut tetap tidak berubah. Jadi jangan sampai bingung dengan sentimen pasar – sama halnya Anda tidakb oleh bingung dengan sentimen-sentimen orang. Dengan manusia – Anda harus melihat aksi. Dengan harga – Anda harus melihat aksi yang dilakukan oleh para pemain besar dalam dunia perekonomian. Mereka lah yang membentuk tren, oleh karena itu Anda harus melihatnya, menandainya, mengekstrapolasinya, periksa waktunya, dan kendalikannya.

Keempat, membutuhkan waktu. Hanya memahami bahwa pasar itu tidak random tidak akan membantu Anda dalam trading. Hal tersebut hanya menghilangkan rasa ketakutan Anda. Ketika Anda tidak lagi takut – Anda akan terus trading. Berbulan-bulan akan berlalu sebelum Anda merasa nyaman berinteraksi dengan pasar – bagaimana lagi Anda dapat membayangkan proses yang dibutuhkan untuk menghasilkan keuntungan yang juga dilakukan oleh jutaan orang lainnya? Namun, tenang saja. Hal tersebut tidak random, bahkan hal tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan. Tekanan dan waktu – pelajari dua hal tersbut, maka Anda akan berhasil.

Baca lebih lanjut

  • 4204

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera